SELAMAT DATANG DI BLOG RESMI SD NEGERI ONYAM III KABUPATEN TANGERANG - BANTEN

Kamis, 21 Agustus 2014

panduan pengaktifan NUPTK/PegID

Assalamualaikum wr wb,,, Setelah sebelumnya kuambil.com share informasi mengenaijadwal Rinci Agenda Kegiatan Padamu Negeri menurut  surat edaran resmi agenda padamu negeri semester 1 tahun ajaran 2014/2015,
 Nah untuk itu kuambil.com kali ini akan share bagaimana cara mencetak kartu digital PTK di padamu negeri , maka setiap PTK berkewajiban melaporkan status keaktifan NUPTK/PegID masing-masing secara online di PADAMU NEGERI menggunakan akun masing-masing mulai 18 Agustus 2014. Yang mana sebagati bukti keaktifan NUPTK/PegID, setiap PTK akan diberikan Kartu Identitas yang masa berlaku aktifnya setiap semester mulai Tahun Ajaran 2014/2015. Kartu Identitas PTK dimaksud dapat dicetak mandiri oleh setiap PTK melalui akun login masing-masing di Layanan PADAMU NEGERI.

Kartu Identitas PTK dimaksud dapat dicetak mandiri oleh setiap PTK melalui akun login masing-masing di Layanan PADAMU NEGERI. 
Beberapa persyaratan harus dipenuhi oleh setiap PTK baik naungan Kemdikbud dan Kemenag sebelum dapat mencetak Kartu Digitalnya masing-masing. Persyaratan tersebut antara lain:

1. Mengisi EDS 2014 (Berlaku bagi Pendidik jenjang SD, SMP, SMA, SMK dibawah naungan Kemdikbud saja
2. Mengisi Kuisoner Diklat Kurikulum 2013 (Bagi Pendidik yang telah mengikuti Diklat K13 Juni-Juli 2014 lalu)
3. Upload Foto Diri PTK
4. Cek Portofolio PTK
5. Cetak Kartu Digital PTK

Berikut panduan pengaktifan NUPTK/PegID setiap PTK :
  1. Login ke layanan PADAMU PTK masing-masing.panduan aktif ptk TUTORIAL CARA CETAK KARTU DIGITAL PTK DI PADAMU NEGERI
  2. Ikuti instruksi yang muncul pada dasbor PADAMU PTK Anda, klik tombol Isi Angket untuk memulai melengkapi data agar Anda Terdaftar Aktif di BPSDMPK-PMP Kemdikbud tahun 2014/2015.langkah 1 TUTORIAL CARA CETAK KARTU DIGITAL PTK DI PADAMU NEGERI
  3. Isi angket EDS dengan lengkap, klik tombol Lanjut untuk menuju ke pertanyaan selanjutnya.langkah 2 TUTORIAL CARA CETAK KARTU DIGITAL PTK DI PADAMU NEGERI
  4. Klik tombol Simpan jika telah selesai mengisi EDS, klik Ke Langkah Sebelumnya  jika ingin mengoreksi isian EDS.langkah 3 TUTORIAL CARA CETAK KARTU DIGITAL PTK DI PADAMU NEGERI
  5. Selanjutnya,silakan memeriksa kembali Data Portofolio Anda. Klik tombol Status Keaktifan seperti pada gambar.langkah 41 TUTORIAL CARA CETAK KARTU DIGITAL PTK DI PADAMU NEGERI
  6. Pada halaman Beranda Anda, status isian Angket EDS Anda telah berubah seperti pada gambar di bawah ini.langkah 51 TUTORIAL CARA CETAK KARTU DIGITAL PTK DI PADAMU NEGERI
  7. Selanjutnya, lengkapi Survey Kurikulum, klik tombol Isi Survey. langkah 6 TUTORIAL CARA CETAK KARTU DIGITAL PTK DI PADAMU NEGERI
  8. Pilih Ya Bagi Anda peserta Diklat Kurikulum 2013 dan isi Kuisoner Pelaksanaan Diklat Kurikulum 2013 yang telah Anda ikuti sebagai bahan masukan pelaksanaan selanjutnya, atau pilih Tidak jika Anda bukan Peserta Diklat Kurikulum 2013. Klik Simpan untuk melanjutkan.  langkah 7 TUTORIAL CARA CETAK KARTU DIGITAL PTK DI PADAMU NEGERI
  9. Selanjutnya, Cek Portofolio Anda, ikuti instruksi pada tahap tiga. Klik tombol Upload Foto seperti pada gambar. langkah 8 TUTORIAL CARA CETAK KARTU DIGITAL PTK DI PADAMU NEGERI
  10. Unggah foto PTK Anda, pastikan File yang akan Anda unggah adalah file JPG, PNG, dan GIF dengan ukuran maksimum yang diijinkan 250 X 400 pixel. Klik tombol Unggah untuk menyimpan foto Anda. langkah 9 TUTORIAL CARA CETAK KARTU DIGITAL PTK DI PADAMU NEGERI
  11. Setelah Anda berhasil meng-unggah foto PTK, Selanjutnya pada tahap tiga, Anda diminta untuk cek/memeriksa kelengkapan data rinci Anda, klik tombol Aktifkan Data seperti pada gambar. langkah 10 TUTORIAL CARA CETAK KARTU DIGITAL PTK DI PADAMU NEGERI
  12. Periksa lembar portofolio Anda, klik tombol Edit kembali jika masih ada yang perlu dilengkapi, klik tombol Aktifkan jika sudah benar. langkah 11 TUTORIAL CARA CETAK KARTU DIGITAL PTK DI PADAMU NEGERI
  13. Setelah berhasil mengaktifkan PTK, cetak kartu digital Anda menggunakan menu yang sudah disediakan. Klik tombol Cetak seperti pada gambar. langkah 13 TUTORIAL CARA CETAK KARTU DIGITAL PTK DI PADAMU NEGERI
  14.  Selesai, Kartu Digital Anda telah berhasil dicetak.  finish TUTORIAL CARA CETAK KARTU DIGITAL PTK DI PADAMU NEGERI
Nah demikian cara cetak kartu PTK di Padamu negeri , semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. sekian dan terima kasih atas kunjungannya

Rabu, 14 Mei 2014

Update Spasia

Mari Update Spasial (Letak Sekolah) anda dan citra (foto-foto yang berkaitan dengan sekolah anda) di link ini: http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/verval/
1. Ayo perbarui Spasial jika titik koordinatnya berbeda dengan letak sekolah anda sekarang
2. Ayo Masukkan foto-foto tentang sekolah anda dari mulai plang sekolah hingga kegiatan siswa lainnya

Senin, 05 Mei 2014

Mengembalikan Menu Sinkronisasi Yang Blank Setelah Sinkronisasi dengan Patch 207

PERINGATAN! tutorial ini hanya digunakan untuk menormalkan kembali fitur sinkronisasi yang blank setelah install patch 207. tidak disarankan untuk masalah lainnya



Dalam menggunakan versi 207 ada beberapa aduan yang menyatakan bahwa menu sinkronisasinya menjadi blank setelah melakukan sinkronisasi. Hal tersebut terjadi dikarenakan menggunakan versi patch 207 yang sempat ditarik kembali karena harus ada sedikit perbaikan.


Patch 207 yang resmi digunakan dibedakan dengan nama file PatchDapodikdas207c. akan terlihat ketika file tersebut telah didownload. Patch Dapodikdas 207c dapat di download di website infopendataan



Cara memperbaikinya adalah dengan melakukan PATCH ULANG dengan menginstall Patch yang tepat, yakni PatchDapodikdas207c. Masalahnya ketika patch ulang biasanya aplikasi tidak mau,  karena aplikasi sudah versi 207. Maka dari itu harus ada konfigurasi terlebih dahulu. Tujuannya agar aplikasi menerima di install patch ulang dengan PatchDapodikdas207c.

berikut adalah langkah konfigurasinya :

Langkah 1
buka C:\Program Files (x86)\Dapodikdas\config .    Didalamnya terdapat file install.ini , replace menggunakan file yang baru. file tersebut dapat didownload DISINI


maka dengan langkah 1 ini aplikasi akan dapat diinstall dengan PatchDapodikdas207c


Langkah 2
Install PatchDapodikdas207c. Setelah selesai install silahkan login ke aplikasi.

Maka setelah install patch tersebut, fitur sinkronisasi kembali normal.. horay! \(^O^)/


Semoga Berhasil

Mengatasi Gagal Kirim BSD 207

Aplikasi BSD merupakan alternatif pengiriman data tunjangan dari Aplikasi Dapodikdas. Aplikasi BSD untuk versi 207 ini memiliki fitur tambahan yaitu fitur mengirimkan langsung data BSD ke server P2TK. ciri-ciri data terkirim ke server P2TK adalah sebagai berikut :




Terkait dengan fitur baru tersebut banyak aduan yang menyatakan TIDAK BISA/GAGAL KIRIM DATA BSD. hal tersebut tentunya sangat meresahkan. untuk mengatasi hal tersebut berikut adalah langkah-langkahnya,
  • Langkah 1 : Uninstall Aplikasi BSD 207 (bagi yang sudah pernah install)
  • Langkah 2 : Flush DNS
  • Langkah 3 : Install kembali BSD 207
dengan ketiga langkah tersebut bapak/ibu sudah dapat mengirim BSD dengan lancar.  \(^o^)/


Untuk langkah 1 dan 3 tentunya operator sekolah sudah familiar, disini saya akan jelaskan terkait langkah 2 yang biasanya belum familiar


Langkah 2

Untuk memulai flush DNS kita perlu membuka menu command promt di windows. caranya adalah klik START lalu di bagian search ketikan cmd. klik program CMD nya, lalu program CMD akan muncul di layar.



di bagian kursor yang aktif ketikkan ipconfig/flushdns lalu tekan Enter.
proses flush dns tersebut tidak akan memakan waktu lama, ciri-ciri proses flush dns tersebut sukses adalah muncul info "Succesfully flushed the DNS Resolver Cache".

CARA PENGGUNAAN APLIKASI BSD 207

Sudah tahu cara instalasi BSD 207 tentu tahu dong, jika belum klik Cara Instalasi BSD 207 
Proses Bakcup Data Dapodik lewat BSD
Prasyarat BSD yang dikrim 
a. Lebih dari 4 kb ukuran file std nya
b.Tentunya terkoneksi dengan Internet saat proses nya

berikut langkah-langkahnya  
1. Buka aplikasi BSD yang sudah terpasang pada komputer (disarankan Klik kanan ikon pilih Run As administrator.)
2. Tampilan Pertama aplikasi akan mendeteksi Nama sekolah Kita seperti tampilan berikut  dan klik lanjutkan.
3. Proses Backup akan segera dimulai muncul kotak putih dengan berbagai rincian data dapodik hasil entri para sahabat.
4. Saat Proses Belum selesai maka tombol selesai atau kembalinya tak aktif ini salah satu kelebihannya.

5. File Hasil backup dikrim langsung ke server P2TK tidak melalui op simtun lagi, disarankan menyimpan file pada komputer lokal dengan klik tombol simpan.

6. Pengiriman keserver akan dibatatasi tiap hari tiap sekolah atau satu sekolah hanya bisa satu kali dalam satu hari. dan apabila berhasil maka tampilan seperti berikut:

7. Jangan Lupa klim simpan pilih tempat penyimpanannya...seperti berikut hasilnya, ini punya saya, tentu punya sahabat berbeda ukurannya.


 
Buat yang datanya sudah valid semua,.. dan masa keaktifannya sudah sampai bulan juni, tidak pakai BSD juga tidak apa2,..
Tapi ingat ya,.. BSd 207 tidak hanya untuk tunjangan,..Karena uploadnya berakhir bulan mei akhir. maka ceklis bisa dilakukan sampai juni.


BSD 207 digunakan oelh P2TK untuk berbagai kepentingan program yang ada di p2tk dikdas diantaranya :
1. Tunjangan
2. Penilaian Angka Kredit (PAK)
3. Jabatan Fungsional (inpassing non PNS)
4. Rasio penyebaran guru
5. dsb
Bagi sekolah yang berada diwilayah yang mudah koneksi internetnya silahkan datanya kirim langsung keserver,..
Bagi Sekolah yang sulit akses internetnya backup data dapodiknya (seperti versi sebelumnya) kemudian kirim melalui OP tunjangan,


Sabtu, 09 November 2013

CARA SINCKRONISASI DAPODIKDAS 2013 (PART 2)

membahas permasalahan bila sinkronisasi offline tidak menemukan perintah download... ya sudah mulai yukz.... Untuk itu, di sini admin ingin berbagi cara sinkronisasi dapodik 2013 secara offline. Langsung saja berikut langkah-langkahnya :



  • Masuk Aplikasi Dapodikdas
  • Validasi setelah 0 (nol) invalid
  • push tombol sinckroninasi
  • Proses sinkronisasi beberapa saat sampai 100% data terupdate.
  • Selesai proses akan ada pemberitahuan bahwa komputer anda tidak terhubung/disconect dengan internet dan diminta untuk sinkronisasi secara offline.
  • sinkronisasi berhasil namun tak ada perintah download file atau unduh file,, waduh sia-sia nich kerjaan.. OOO jangan putus asa,,, tarik nafas,,, langsung tancap gas..
  • lihat start pada windows....program file.. dapodikdas...dataweb...synch...listfile ..
  • hayooo buka (open) ada apa ??? folder dengan deretan angkaa,,, wah tambah pucing nian.. jangan panik,, buka saja  hasilnya kurang lebih seperti ini ;
  •  bertanda hitam itulah nantinya file yang akan kita upload,,
  • selanjutnya kopi dah habis .. untung hampir selesai,,
  • Add caption
  • Upload file tersebut melalui link berikut ini :http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/upload
  •  masukkan Kodereg sekolah anda
  • username isi dengan email utama anda dan pasword waktu mendaftar di http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/
  • Tekan tombol telusur, kemudian cari file data offline (kodereg_send to syc.sys) tadi.
  • Klik upload tunggu proses.
  • Proses sinkronisasi offline telah berhasil
jangan lupa lihat di branda yaa,,,,
salam satu data,,smoga bermanfaat jika ada khilaf mohon dikoreksi buat belajar bersama

Jumat, 11 Oktober 2013

CARA INSTAL DAPODIKDAS 2013/2014

Langkah – Langkah Installasi Aplikasi Dapodikdas
Untuk melakukan instalasi jalankan program yang ada di CD/DVD atau dari lokasi lain. Setelah itu aplikasi akan berjalan dan akan ditayangkan jendela berikut ini.

Anda sangat disarankan untuk menutup program lainnya sebelum memulai proses instalasi. Hal ini diperlukan agar berkas yang terkait dapat diperbarui tanpa harus booting ulang Komputer Anda.
Tekan tombol [Lanjut >] untuk melanjutkan atau tombol [Batal] untuk membatalkan instalasi.
Jika Anda memilih batalkan maka akan dikonformasi proses pembatalan intalasi, tekan tombol [Yes] untuk membatalkan instalasi, tombol [No]untuk melanjutkan instalasi.

Jika Anda melanjutkan proses instalasi, maka akan ditampilkan bagian pemilihan port. Pada pemilihan port ini, Httpd Port dan Postgres Port akan terisi otomatis. Untuk mengecek kembali portnya, klik tombol [Check Port] agar port tidak bentrok.

Setelah selesai dalam memilih port, setelah Anda klik [Lanjut >] maka akan tampil form persetujuan seperti pada gambar berikut :

Bacalah dengan seksama sebelum menginstall atau menggunakan perangkat lunak ini. Setelah Anda baca dengan seksama dan Anda menyetujui tekan tombol [Saya Setuju…] yang berarti Anda setuju dengan ketentuan yang dituliskan dalam lisensi tersebut lalu klik [Lanjut >]. Atau tekan tombol [Batalkan] jika Anda tidak setuju.

Setelah proses penginstallan selesai, klik [Lanjut >] dan tunggu hingga proses Konfigurasi Server Dapodikdas selesai.

Tunggu sampai indikator proses ekstrasi selesai, setelah itu tekan tombol[Selesai] untuk menutup program instalasi. PENTING: PASTIKAN PENGATURAN WAKTU DAN TIMEZONE KOMPUTER ANDA AKURAT!

2.    Setting Waktu Lokal / Komputer
Seperti yang disampaikan pada saat instalasi, perlu dipastikan bahwa waktu dan timezone komputer Anda akurat. Hal ini penting untuk memastikan proses sinkronisasi data berjalan lancar.
Untuk memastikannya lakukan langkah-langkah sebagai berikut. Buka menu [Start]->[Control Panel], kemudian pilih pengaturan “Date and Time” seperti gambar di bawah ini.

Atau klik dua kali pada jam yang ada pada indikator jam komputer yang ada pada bagian kanan bawah layar.

Pilih tab “Date & Time” dan atur tanggal dan jam sesuai dengan kondisi saat ini. Klik dua kali pada Indikator jam komputer.

Untuk zona waktu, pilih GMT +07.00 untuk WIB, GMT +08.00 untuk WITA, dan GMT +09.00 untuk WIT.

Agar waktu anda selalu akurat, centang pilihan “Automatically synchronize with an Internet time server”.

Adakalanya waktu komputer berubah karena berbagai kondisi, misalnya baterai BIOS lemah sehingga waktu komputer menjadi tidak sesuai. Untuk itu Anda dipastikan selalu memeriksa keakuratan waktu computer. Pengaturan waktu sangat penting, karena server pendataan lokal akan melakukan sinkronisasi data dengan server database pusat. Setelah pengaturan waktu selesai, Anda siap untuk menjalankan aplikasi.

3.    Kode Registrasi/ Aktivasi Dapodikdas
Kode registrasi adalah “kunci” untuk memuat data sekolah. Kode registrasi akan dibagikan oleh KK-DATADIK masing-masing daerah. Pastikan Anda menggunakan kode registrasi sekolah Anda sendiri dan tidak membagi/memberitahu kode ini pada pihak yang tidak berkepentingan. Kode Registrasi digunakan pada saat registrasi awal di aplikasi (aktivasi).

4.    Username & Password Dapodikdas
Username/email yang diisi pada saat registrasi harus aktif dan tidak fiktif karena email tersebut digunakan untuk konfirmasi, pmeberitahuan-pemberitahuan jika ada permasalahan, dll. Password yang diisi adalah password sesuai dengan yang diinginkan pengguna, digunakan pada saat pengguna akan login ke dalam Aplikasi.

5.    Data Prefilled Dapodikdas
Data hasil kiriman ke server dari sekolah-sekolah per tanggal 1 Juli 2013, kemudian data tersebut akan di package ulang sehingga ketika login di aplikasi yang baru sekolah hanya tinggal mengentri data siswa baru, pemetaan rombel, dan melengkapi data yang belum terisi di aplikasi versi 13.01.

6.    Menjalankan Aplikasi Dapodikdas
Aplikasi pendataan 2013 adalah aplikasi berbasis web, untuk itu diperlukan server untuk menjalankan aplikasi web ini dan web browser untuk mengoperasikan aplikasi. Pastikan komputer Anda telah terinstall dengan web browser terbaru, karena web browser versi lama tidak bisa mendukung/menjalankan aplikasi ini. Disarankan untuk menggunakan Google Chrome atau Firefox.

Menjalankan Aplikasi Pendataan 2013
Setelah server pendataan lokal berjalan, otomatis akan dijalankan browser internet dan membuka halaman awal aplikasi pendataan sepert gambar berikut ini.

Pada saat pertama kali instalasi belum ada data sekolah yang tersimpan pada database lokal. Untuk itu perlu dilakukan proses registrasi sekolah dengan cara menekan tombol [Registrasi]. Jika data sekolah sudah ada, bisa masuk ke dalam aplikasi dengan mengisi email dan password setelah itu menekan tombol [Login].
Untuk proses registasi akan dimunculkan formulir dengan isian sebagai berikut:
ü   Nama Lengkap
ü   User name/email (pastikan email tersebut aktif dan tidak fiktif karena akan ada konfirmasi)
ü   Password
ü   Konfirmasi Password
ü   Nomor Handphone
ü   Nomor Telepon
ü   Yahoo Messenger
ü   Skype
ü   Kode registrasi

PENTING: Kode registrasi adalah “kunci” untuk memuat data sekolah. Kode registrasi akan dibagikan oleh KKDATADIK masing-masing daerah. Pastikan Anda menggunakan kode registrasi sekolah Anda sendiri dan tidak membagi/memberitahu kode ini pada pihak yang tidak berkepentingan.

Tunggu sampai proses registrasi selesai, setelah itu Anda bisa login ke dalam aplikasi sesuai dengan informasi yang diisikan pada registrasi. Isi login dan password, jika benar akan muncul konfirmasi login berhasil, klik tombol [OK].

Setelah proses login berhasil kemudian akan ditampilkan beranda aplikasi pendataan seperti gambar berikut ini.

Aplikasi pendataan terdiri dari beberapa halaman yaitu:
ü   Beranda
ü   Sekolah
ü   Peserta Didik
ü   PTK
ü   Prasarana
ü   Rombongan Belajar

Untuk memeriksa data tekan tombol [validasi]. Untuk mensinkronkan data dengan server database utama tekan tombol [Sinkronisasi]. Proses utk Tab/Halaman Aplikasi Validasi & Sinkronisasi Portlet/Jendela Aplikasi

Ada beberapa data yang tidak bisa diubah, seperti nama sekolah, NSS, dan NSPN. Untuk mengubah data ini perlu menghubungi helpdesk pendataan dikdas untuk diubah dari pusat.
Petunjuk penggunaan aplikasi yang lebih rinci dapat dibaca pada manual penggunaan aplikasi.

Menghentikan Aplikasi Pendataan 2013
Setelah anda selesai menggunakan aplikasi pendataan 2013, klik tombol pada bagian identitas sekolah, kemudian tutup browser Anda.

7.    Uninstall Aplikasi Dapodikdas
PERINGATAN: Proses uninstall akan menghapus program pendataan dan databasenya. Pastikan Anda telah melakukan sinkronisasi data. Sebelum uninstall pastikan aplikasi pendataan sudah dihentikan. Untuk uninstall aplikasi pendataan, klik Start -> Control Panel -> Uninstall a Program, lalu pilih Dapodikdas, dan pilih [Uninstall] hingga muncul jendela seperti pada gambar.

Tekan Tombol [Yes] untuk meneruskan uninstall atau [No] untuk membatalkan uninstall.

Tunggu sampai proses deinstalasi selesai hingga muncul jendela sebagai berikut.
Proses uninstall selesai.


Sumber utama :
Manual Sistem dan Aplikasi Pendataan Data Pokok Pendidikan-Dikdas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2013 - http://118.98.166.59